TASHFIYAH

Memurnikan segala yang melekat pada kehidupan kaum muslimin, berupa kesyirikan dengan segala bentuk dan jenisnya, dan memperingatkan mereka dari bid’ah-bid’ah yang mungkar dan pemikiran-pemikiran menyusup yang menyimpang, serta memurnikan As Sunnah (Al hadits) dari riwayat-riwayat yang lemah dan palsu yang telah memburukkan indahnya Islam dan menghambat kemajuan kaum muslimin. Semua ini sebagai upaya menunaikan amanah ilmu, sebagaimana sabda Rasulullah  :

Artinya : Ilmu (agama) ini akan dibawa pada setiap generasi oleh orang-orang yang terpercaya, yang menolak darinya penyimpangan kaum radikal (ekstrimisme, terorisme dll) cara beragamanya pengikut ajaran-ajaran yang bathil, dan penyelewengannya orang-orang bodoh” 2)

Dan menerapkan firman Allah  :

Artinya : “Dan tolong-menolonglah kalian dalam kebajikan dan taqwa dan jangan saling bantu-membantu dalam hal dosa dan permusuhan”. (QS. Al Maidah ayat 2)

 

2) Hadits riwayat Ibnu Adi, Abu Nashr AS Sijzi, dan Abu Nu’aim dari Ibrahim bin Abdurrohman Al Udzi . Meurut Syaikh Salim Al Hilali hafidzallah derajatnya “hasan lighoirihi” (Bashoir Dzawisy Syaraf  halaman 109-114).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.